PENTAS WAYANG KULIT SPEKTAKULER SEMALAM SUNTUK , HUT KOTA MAGELANG 1113 TAHUN 2019

Kota Magelang – Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Seno Nugroho pada Sabtu malam 20 Juli 2019 menjadi sumber ketertarikan bagi warga Kota Magelang dan sekitarnya .
Mereka berduyun duyung menuju Aloon-aloon kota untuk menyaksikan pagelaran Wayang Kulit dengan mengambil lakon AMARTHA BINANGUN, dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Magelang ke ke-1113 Tahun 2019 .
Adapun Sinopsis ( Ringkasan cerita ) yang akan di pergelarkan pada pertunjukan Budaya , Pentas Wayang semalam suntuk tersebut adalah sebagai berikut : 
Kisah pewayangan tersebut menceritakan perjuangan para putra Pandawa dalam membangun Kerajaan Amartha, sepeninggal ayah mereka Prabu Pandu Dewanata. 
Pandawa menuntut hak mereka kepada penguasa Astina, Prabu Destharata. 
Prabu Destharata memberikan mandat kepada Pandawa untuk terlebih dahulu membuka hutan (mbabad alas) Wisamartha. 
Usaha mbabad alas tersebut tidaklah mudah mereka lakukan. 
Pandawa diuji dengan berbagai cobaan, hingga pada akhirnya mereka berhasil membangun Kerajaan Amartha.
Demikian kurang lebih Sinopsis , cerita singkat secara garis besar lakon kisah pewayangan yang akan di pertunjukan besok.
Pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut selain sebagai bentuk Kemeriahan acara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Magelang yang ke 1113 di 2019 ini juga merupakan bentuk aksi nyata komitmen Pemerintah Daerah Pemerintah Kota Magelang dalam rangka untuk melestarikan Kebudayaan Budaya Jawa ( dalam hal ini adalah Jawa Tengah ) serta sekaligus memberikan hiburan bagi warga kota Magelang dan sekitarnya.
Demikian opini singkat Kontributor info Disporapar Kota Magelang Jl.Gatot Subroto no.54 .

Share